OSIS SMK N 1 Batang

Entri Populer

Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang
Berkreasi dan berinovasi dengan edukasi yang berbobot guna menunjang kegiatan siswa/siswi SMK Negeri 1 Batang.
Kamis, 26 April 2012

BATANG GALLERY 2012

SMK Negeri 1 Batang, 21 dan 22 April 2012
Batang Gallery adalah kegiatan kepemudaan di Kabupaten Batang yang bertujuan untuk mengenalkan potensi Daerah Kabupaten Batang. Dengan kegiatan ini diharapkan pemuda Batang dapat mengenali seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Batang seperti pariwisata, budaya, sosial, kerajinan, cenderamata, makanan khas, jajanan tradisional, band dan dancer lokal yang kompeten, komunitas hobi, dan kemampuan berwirausaha. Dengan mengenali potensi yang ada, maka pemuda dapat mengenalkan kepada masyarakat baik masyarakat Batang maupun luar daerah. Sesuai dengan tujuan tersebut, slogan dari kegiatan ini adalah “Kenali Potensi Daerah, Kenalkan Pada Dunia, dan Kelola yang ada”.
Keterbatasan tak jadi batasan
Batang Gallery 2012 diselenggarakan di SMK Negeri 1 Batang pada 21 dan 22 April 2012. Dalam penyelenggaraannya Batang Gallery melibatkan gabungan panitia dari Komunitas Fotography “Gallery Photo Kabupaten Batang”, Even Organizer “SKA Production”, dan Pengurus OSIS SMK Negeri 1 Batang dan Ikatan Alumni SMK Negeri 1 Batang. Kegiatan yang bertemakan “Kenali Budaya dan Kreasikan Seni Daerah” ini mampu menggaet 27 peserta lomba photography dengan 117 foto yang terkumpul dan 103 yang lolos pameran, 23 peserta parade band pelajar dan umum, 6 peserta dance competition, 8 peserta bazaar. Selain peserta Batang Gallery mampu menghadirkan Komunitas BMX “Flash Bat” dan Komunitas “Parkur Dracik”. Target jumlah pengunjung 700 orang dari SLTP dan SLTA atau sederajat dan masyarakat luas juga dapat dipecahkan dalam kegiatan ini.
Aula dijadikan ruang pameran
Penjurian Lomba Photography dilaksanakan pada Sabtu, 21 April 2012 oleh Pak Tri Bakdo dari Dewan Kesenian Daerah Kab Batang dan Pak Afif Riyanto dari Dinas Budaya dan Pariwisata Kab Batang. Pak Tri Bakdo sangat mengapresiasi kegiatan yang bertujuan mengenalkan potensi Kabupaten Batang ini. Sedangkan Pak Afif menginginkan foto yang terkumpul dapat digunakan untuk promosi daerah. Lukman Hadi Lukito (Ketua Penyelenggara) yang menemani saat penjurian sempat menyampaikan bahwa harapannya foto yang terpilih dapat mewakili wajah Kabupaten Batang dan foto yang terkumpul dapat digunakan Masyarakat Batang untuk mempromosikan Kabupaten Batang, akan tetapi hak cipta atas foto tetap dicantumkan. Pameran ini juga diminati pelajar untuk menambah pengetahuan tentang Kabupaten Batang, bahkan beberapa dari guru mata pelajaran yang ada di Kabupaten Batang menugaskan muridnya untuk mengapresiasikan fotography yang dipamerkan. Penilaian fotography juga dilaksanakan votting Facebook di Halaman “Gallery Photo Kabupaten Batang”

Perform Band
Penyelenggaraan parade band dan dance competition pada Hari Minggu, 22 April 2012 mampu mengalihkan perhatian pengunjung. Semua itu dikarenakan penampilan Band dan Dance yang bagus, dan persiapan peserta yang matang. Pemilihan band dan dance favorit dilaksanakan langsung menggunakan tiket masuk yang dibagikan saat memasuki lokasi pelaksanaan. Dikomandoi oleh Musa A Jazzumar (Koordinator Parade Band dan Dance) kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai rencana. Musa berharap banyak dari kegiatan ini salah satunya adalah menambah semangat untuk peserta dalam mendalami musik dan dapat membawakan nama Kabupaten Batang di even-even luar daerah atau nasional. Selain dimeriahkan oleh peserta, band bintang tamu “Blank Chord Band” juga mengisi acara yang bertajuk “Spirit”. Blank Chord Band merupakan salah satu band asal Batang yang telah dikenal masyarakat luar daerah Batang, namun oleh warga Batang sendiri belum dikenal. Maka dari itu panitia berinsiatif untuk mengundang dan mengenalkannya kepada masyarakat Batang, karena band merupakan potensi daerah yang berwujud musik.

Salah satu peserta dance meramaikan acara
Bazar yang diikuti beberapa SMK dan Umum menyuguhkan jajanan, makanan, pakaian, dan aksesories. Eka Panca Wijaya (Ketua OSIS SMK N 1 Batang / Koordinator Bazar) bersama panitia lainnya berusaha menghadirkan pemasaran kreatif yang kedepannya dapat dipadukan dengan kegiatan kepariwisataan yang dapat menjadikan pendapatan ekonomi yang baik.

Flashbat Unjuk Kebolehan
Komunitas BMX “Flash Bat” dan Parkur Dracik dimintai datang saat panitia tidak sengaja berkumpul di veteran Kampus Dracik. Flash Bat dan Parkur Dracik ini biasa berlatih di Veteran. Saat ditemui dan diajak perform, dengan semangat langsung menyanggupi. Saat pelaksanaan Flash Bat dan Parkur Dracik perform full dengan berbagai atraksi yang menarik. Diharapkan komunitas lainnya dapat bergabung di Batang Gallery sesi berikutnya.
Atraksi Parkour
Penyerahan Trophy Kejuaraan
Hasil dari rentetan kegiatan di atas, diperoleh juara-juara (1) Ali Samsul, SMK BP Batang (Juara 1 Fotography Pelajar) Pesona Sunset Di Pantai Pelabuhan Boom Batang, dengan 6520 poin. (2) Muhammad Irham, SMA N 1 Batang (Juara 2 Fotography Pelajar) Layout Pantai Ujungnegoro, dengan 6020 poin. (3) Rizki Fadhilah Bakhri, SMK Bardan Wasalam Batang (Juara 3 Fotography Pelajar) Kembang Langit, dengan 5620 poin. (4) Soqip Maulana, Subah (Juara 1 Fotography Umum) Serabi Kalibeluk, dengan 6800 poin. (5) Galih Setyo Wibowo, Batang (Juara 2 Fotography Umum) Pesona Ujungnegoro 2, dengan 4520 poin. (6) Danang Satrio, Batang (Juara 3 Fotography Umum) Senja Sigandu, dengan 4280 poin. (7) H2 Band (Juara Favorit Band). (8) UGD, SMK N 1 Batang (Juara Favorit Dance). Panitia juga sangat mengapresiasi bagi setiap peserta yang telah mengikuti kegiatan pengenalan potensi daerah Kabupaten Batang dengan memberikan penghargaan untuk setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini diharapkan ada tiap tahunnya, dan sering diadakan untuk mengenalkan potensi Kabupaten Batang. Bagi komunitas yang belum tergabung diharapkan bisa bergabung dan terdata agar saat ada even dapat mewakili Kabupaten Batang. Ucapan terimakasih untuk Pemerintah Daerah Kab Batang, Disbudpar Kab Batang, Disdikpora Kab Batang, Dewan Kesenian Daerah Kab Batang, Koperasi dan UMKM Kab Batang, SMK Negeri 1 Batang, Sponsor, dan pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan ini.

Sumber : Tim Publikasi  Batang Gallery (artikel ini juga dapat dijumpai di sejumlah media masa)

0 pendapat:

Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Mandiri bersama OSIS SMK Negeri 1 Batang
"Meraih Cita-Cita Yang Tak Ternilai Harganya, Melintasi Awan"

SMK Negeri 1 Batang

Mimbar Pengumuman

PENGUMUMAN


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang


Selamat Berkarya Siswa SMK Indonesia


[info kosong]


informasi :
OSIS OFFICE

SMK Negeri 1 Batang
Jl. Ki Mangunsarkoro No. 2 Batang 51211

e-mail : osis.smknesaba@gmail.com
weblog : osis-smk1btg.blogspot.com

Followers

Total Pengunjung