OSIS SMK N 1 Batang

Entri Populer

Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang
Berkreasi dan berinovasi dengan edukasi yang berbobot guna menunjang kegiatan siswa/siswi SMK Negeri 1 Batang.
Selasa, 14 Januari 2014

Pendidikan Karakter Bangsa dan Bela Negara



PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DAN BELA NEGARA
Hari Kamis s.d Sabtu tanggal 9 s.d 11 Januari 2013, SMK NEGERI 1 BATANG telah menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Karakter Bangsa dan Bela Negara, di Selopajang Timur yang di ikuti oleh perwakilan masing-masing SMK se-Kabupaten Batang, 2 siswa perwakilan dari SMK lain serta 30 siswa dari SMK N 1 Batang yang merupakan pengurus OSIS, Pramuka serta pengurus ektra yang ada di SMK N 1 Batang.
Kegiatan yang di panitiai oleh guru-guru SMK N 1 Batang itu, banyak mengundang perhatian SMK lain, bagaimana tidak, kegiatan PKBN tersebut baru pertama kali di selenggarakan di Kabupaten Batang, kegiatan yang dapat menguatkan Pendidikan Karakter bagi siswa SMK diarahkan pada pembangunan jati diri bangsa Indonesia. Yang dapat membangun karakter bangsa yang baik sebagai manusia pribadi, sebagai warga negara maupun sebagai tenaga pembangunan. Menumbuhkan maupun menciptakan rasa ideologi bangsa yang mampu mengubah karakter suatu bangsa, khususnya bagi pemuda Indonesia yang kini semakin lama semakin krisis KARAKTER.

Bagaimana tidak, pendidikan karakter bangsa yang memang sudah ada dari dulu telah tergantikan oleh pemuda yang merusak diri sendiri dan merusak bangsa Indonesia ini. Sebagai contoh, banyak pemuda sekarang yang lupa akan kewajibannya sebagai pemuda yang harusnya kritis akan kemajuan serta perkembangan Negaranya sendiri. Banyak pemuda yang pengangguran, di sebabkan oleh karakternya yang buruk, yang malas-malasan serta tidak mau bekerja keras, tidak mau menanamkan keyakinannya bahwa PEMUDA itu GENERASI PENERUS BANGSA .. !!!
Kegiatan PKBN ini di mulai pada hari Kamis, 9 Januari 2013 di Lab KKPI SMK N 1 Batang yaitu hari pertama di mana banyak motivator yang menyampaikan motivasinya serta ilmu nya. Di antaranya ada Kepala Sekolah SMK N 1 Batang Drs. Sugito, M.Si. menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia itu memiliki banyak Wawasan Nusantara di mana secara geografisnya, wilayah Negara (daratan dan lautan) yang terpisahkan oleh lautan yang sangat luas ini sangat rentan terhadap terjadinya perpecahan apabila dibiarkan tanpa adanya usaha penyatuan wilayah dengan mengikat secara historis dan geografis.
Di lanjutkan dengan hari Jum’at, 10 Januari 2014 tepat pukul 09.00 WIB seluruh panitia PKBN, peserta PKBN dan guru pendamping dari beberapa SMK tiba di perkemahan wisata Agro Selopajang Timur (WAST) Kec. Blado, di sana sudah di siapkan tenda yang sudah berdiri tegak. Kegiatan pertama hari jum’at yang kita lakukan yaitu coffebreak serta mendengarkan motivasi dari Instruktur di sana yaitu oleh Bp. Drs. Diyono, tidak lain yaitu guru Olahraga SMK N 1 Batang.
Kemudian seluruh peserta menuju ke lapangan untuk melakukan berbagai game, di antaranya di bagi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok di namai pulau yang ada di Indonesia, masing-masing kelompok menampilkan karya dari pulau yang telah di tentukan tersebut. Banyak sekali perbedaan dari masing-masing pulau yang ada di Indonesia, dari perbedaan tersebut dari kita ambil kesimpulan bahwa PERBEDAAN ITU INDAH.
Setelah waktu berlalu tak terasa waktunya peserta PKBN untuk menampilkan berbagai jenis karya ataupun pentas seni per kelompoknya yang sudah di bagi, ada yang menampilkan yel-yelnya, drama, puisi, joget cessar, karaoke dan masih banyak lagi pentas yang di tampilkan.
Kurang lebih 3 jam kita bersenang-senang mebampilkan karya seni dari masing-masing kelompok, saat nya semua peserta PKBN tidur, satu tenda terdiri dari 3 kelompok. Rasa lelah dan letih pun kita rasakan, namun semua itu terganti dengan ilmu yang kita dapatkan selama 2 hari. Kita dapat menginstropeksi diri apakah kita sudah menjadi pemuda yang berkarakter baik atau bahkan berkarakter buruk.
Teeeeeeng .. teeeeeeng suara seperti bel berbunyi menunjukkan kita semua harus bangun, yang di pandu oleh Pak Triyono, S.Pd., M.Si. dengan rasa ngantuk yang sangat melelahkan, jam itu menunjukkan pukul 01.30 pagi. Tujuan kita di bangunkan pagi-pagi buta yaitu untuk melakukan JJM di sekitar dan di luar Wisata Agro Selopajang, yang terdiri dari 2 cewek dan cowok 1. Di sepanjang jalan hanya ada 1 lilin dan jaraknya itu sangat jauh antara lilin satu dengan lilin yang lainnya, dan di tengah-tengah jalan pun ada sosok putih dari pohon yang di buat oleh panitia PKBN. Setelah JJM berlangsung, kegiatan selanjutnya yaitu renungan malam yang di pandu oleh Pak Wawan Setiawan, S.Pd., M.Si. renungan itu berisi tentang pemuda, pemuda yang lupa dengan tugas dan tanggung jawab nya sebagai pemuda Indonesia, dan berisi tentang pemuda, pemuda yang lupa akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang anak, yang harus berbakti kepada orang tua.
Hari Sabtunya, hari terakhir peserta PKBN. Hari erakhir itu di gunakan untuk berbagai macam outbound, outbound yang bukan outbound biasa, namun mengangdung banyak makna dan tujuan. Sesudah outbound itu selesai pukul 15.00 acara penutupan dan di lanjutkan untuk pulang ke SMK N 1 Batang.
Bahwa di setiap adat, suku, ras maupun perbedaan yang menjadikan kita berbeda, kita harus menyikapinya dengan bijak, jangan sampai perbedaan itu menjadikan kita saling mencela antara sesame warga Negara Indonesia, sebab perbedaan itu indah.
Lalu apa sih bedanya kita sama warga lain ? sampai-sampai susah untuk Negara Indonesia khususnya untuk pemuda Indonesia itu mempunyai karakter yang baik ? apakah itu cara mereka berfikir, atau kecerdasannya, atau mungkin bahkan keturunannya ??? itu semua bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan karakter yang baik, karakter Bangsa ini justru di dasarkan pada pergaulan serta ketidak ikut dalam peranan pemuda Indonesia yang memiliki Karakter baik.
Selain itu banyak manfaat yang dapat di nambil dari kegiatan PKBN tersebut, tentang Pendidikan Karakter Generasi Penerus Bangsa, bahwa di Indonesia tidak banyak anak-anak muda yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, tapi berbanding terbalik dengan pemuda Indonesia yang mampu untuk melanjutkan, akan tetapi dia sia-siakan waktunya untuk nhal-hal yang mungkin bisa merugikan dirinya sendiri.
Padahal kalau mereka tau seperti apa pentingnya pendidikan bagi pemuda Indonesia, yang mampu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Lewat pendidikan itulah kita dapat membentuk karakter pemuda yang normal, yang mampu berfikir secara rasional serta tidak mencampurkan hal negative dalam hidupnya.
Sikap yang penting di kembangkan untuk menjadi orang yang berkarakter antara lain :
a.       Bertaqwa                        g.   Kerja Keras
b.      Bertanggung Jawab       h.   Sikap yang baik
c.       Disiplin                           i.    Toleransi
d.      Jujur                               j.    Kreatif
e.       Sopan                             k.   Mandiri
f.       Peduli                             l.    Semangat Kebangsaan
“Ketika aku masih muda dan bebas untuk berkhayal, aku bermimpi untuk mengubah dunia”
“Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, ku dapati bahwa dunia tak kunjung berubah”
Maka CITA-CITAKU agak kusederhanakan
“Dan kuputuskan hanya untuk mengubah negeriku saja. Namun tampaknya itupun tidak berhasil”
“Ketika usiaku semakin senja, dengan semangatku yang masih tersisa, kuputuskan untuk mengubah keluargaku saja, karena mereka yang paling dekat denganku”
Tapi CELAKANYA mereka pun tidak dapat diubah
“Dan kini, sementara aku terbaring dan saat ajal menjemputku, tiba-tiba aku tersadar, ANDAIKAN yang pertama-tama kuubah adalah DIRIKU”
“Maka dengan menjadikan diriku sebagai teladan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku”
“Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka, bisa jadi aku pun mampu memperbaiki negaraku”
“Kemudian, siapa tau aku bahkan dapat mengubah DUNIA”
Itulah hidup, diri sendiri adalah kunci dari keberhasilan. Kalau diri kita saja tidak berkarakter gimana kita bisa berhasil ? gimana kita bisa mengembangkan DUNIA umumnya dan Bangsa Indonesia khususnya ???
Sebagai generasi penerus bangsa, apa yang harus kita lakukan untuk bangsa dan Negara ini ? untuk diri kita sendiri, marilah kita bangun dari rasa malas-malasan kita yang tidak mau bekerja keras, tidak mau bersemangat untuk menuju masa depan yang lebih cerah .. !!!




1 pendapat:

Unknown mengatakan...

keren iki blog osis smk 1 batang.. pasang domain kang men tambah keren maneh. Okesip :)

Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Mandiri bersama OSIS SMK Negeri 1 Batang
"Meraih Cita-Cita Yang Tak Ternilai Harganya, Melintasi Awan"

SMK Negeri 1 Batang

Mimbar Pengumuman

PENGUMUMAN


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang


Selamat Berkarya Siswa SMK Indonesia


[info kosong]


informasi :
OSIS OFFICE

SMK Negeri 1 Batang
Jl. Ki Mangunsarkoro No. 2 Batang 51211

e-mail : osis.smknesaba@gmail.com
weblog : osis-smk1btg.blogspot.com

Followers

Total Pengunjung