OSIS SMK N 1 Batang

Entri Populer

Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang
Berkreasi dan berinovasi dengan edukasi yang berbobot guna menunjang kegiatan siswa/siswi SMK Negeri 1 Batang.
Rabu, 21 September 2016

HARDIKNAS SMKN 1 BATANG 2016

HARDIKNAS

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Hari pendidikan nasional biasanya diperingati dengan upacara dan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan. Berbicara tentang pendidikan tentu melibatkan siswa sebagai objek dan sasaran dari pendidikan.

Hari pendidikan nasional di SMK Negeri 1 Batang diperingati dengan cara yang unik. Kegiatan hari pendidikan nasional dikemas dengan kegiatan yang unik dan menyenangkan. Setiap siswa dan guru diwajibkan mengenakan kebaya bagi perempuan dan untuk laki- laki mengenakan baju lurik dan blangkon. Selain sebagai upaya untuk memperingati yang artinya menyelami seluk beluknya atau memahami secara masif kegiatan ini juga menumbuhkan kecintaan terhadap warisan budaya berupa baju adat tradisional.
Jenis kegiatan peringatan hari pendidikan nasional kali ini adalah sebagai berikut, yaitu: Lomba ranking 1 untuk seluruh siswa SMK Negeri 1 Batang, Upacara sekaligus pelepasan balon sebagai simbol kegembiraan siswa terhadap pendidikan, kemudian yang terakhir tanda tangan sebagai bentuk kepedulian siswa terhadap kemajuan pendidikan nasional.
Rangkaian acara yang  pertama yakni upacara, petugas upacaranya adalah TIM PASSUSKA SMK NEGERI 1 BATANG. Tim passuska ini merupakan pasukan pengibar bendera dan PBB dari SMK Negeri 1 Batang yang kerap dan seringkali membanggakan SMK Negeri 1 Batang dalam berbagai event PBB. Bapak Kepala Sekolah sebagai Pembina dalam sambutannya menyampaikan pesan dan sedikit kisah mengenai pendidikan yang menambah manfaat dari kegiatan ini, sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini dengan melepas balon sebagai simbolis.
Setelah upacara selesai Bapak dan Ibu Guru serta siswa banyak yang memanfaatkan untuk mengabadikan kenangan dengan berfoto, karena jarang sekali ada kegiatan di sekolah yang seragam/ kostumnya baju tradisional, sehingga menurut mereka harus dijadikan kenangan dengan berfoto ria.
Panitia selanjutnya menginstruksikan kepada siswa  untuk bertanda tangan di lembar yang sudah disediakan panitia, berupa lembar putih yang dipasang didepan ruang perpustakaan, semacam backdrop selfi. Selain menandatangani, banyak siswa yang menjadikan itu sebagai backdrop foto. Sehingga tampak kegembiraan siswa sedang berfoto sekaligus tanda tangan.
Berlanjut ke rangkaian acara selanjutnya, yakni acara rangking 1. Rangking 1 ini di ikuti oleh seluruh siswa dan dilaksanakan dilapangan basket, mengingat banyaknya siswa dan tempat yang luas yang diperlukan. Siswa tampak antusias dan senang dengan kegiatan rangking 1 ini, selain kegiatannya yang ‘fun’ kegiatan ini juga berdampak positif bagi siswa. Berbagai pertanyaan yang disampaikan panitia dijawab dengan sangat mudah oleh siswa, yang artinya SMK Negeri 1 Batang mempunyai siswa yang cerdas dan terampil . Hingga akhirnya satu persatu peserta gugur karena semakin ketat persaingannya. Karena semakin sedikit peserta yang tersisa semakin sulit pertanyaannya. Kemudian terpilihlah siswa yang berhak menyandang predikat peringkat/ Ranking 1 yakni Nisrina dari kelas XI Administrasi Perkantoran 1.
Acara rangking 1 adalah penutup dari seluruh acara peringatan hari pendidikan nasional di SMK Negeri 1 Batang ini. Kegiatan ini telah menjadikan SMK Negeri 1 Batang peduli akan pendidikan dan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Banyak manfaat yang kita petik dari kegiatan ini, salah satunya adalah jiwa kompetitif, dimana pada saat melaksanakan kegiatan ini siswa diajarkan untuk meningkatkan jiwa kompetitif melalui  lomba, dan harapannya setelah melakukan kegiatan ini siswa mulai sadar bahwa pendidikan sangat penting bagi kemajuan bangsa dan sangat penting bagi kemajuan pendidikan nasional.

Dokumentasi kegiatan










0 pendapat:

Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Mandiri bersama OSIS SMK Negeri 1 Batang
"Meraih Cita-Cita Yang Tak Ternilai Harganya, Melintasi Awan"

SMK Negeri 1 Batang

Mimbar Pengumuman

PENGUMUMAN


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang


Selamat Berkarya Siswa SMK Indonesia


[info kosong]


informasi :
OSIS OFFICE

SMK Negeri 1 Batang
Jl. Ki Mangunsarkoro No. 2 Batang 51211

e-mail : osis.smknesaba@gmail.com
weblog : osis-smk1btg.blogspot.com

Followers

Total Pengunjung