OSIS SMK N 1 Batang

Entri Populer

Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang
Berkreasi dan berinovasi dengan edukasi yang berbobot guna menunjang kegiatan siswa/siswi SMK Negeri 1 Batang.
Sabtu, 05 April 2014

GERAKAN PEMUNGUTAN SAMPAH

Kebersihan adalah sebagian dari iman, di mana setiap manusia mempunyai hak tersendiri untuk melakukan sebuah kewajibannya membersihkan diri dan membersihkan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan Peraturan yang di tetapkan oleh Pemerintah Indonesia, bahwa warga Indonesia turut serta untuk membangun negaranya di antaranya yaitu menjaga, melindungi dan merawat serta peduli terhadap kebersihan dan kenyamanan di lingkungannya. 
Hal tersebut tidak asing lagi di telinga, melainkan sudah menjadi budaya yang memang di lakukan setiap hari untuk membuat lingkungan di sekitar kita bersih serta indah bila di pandang,
namun kenyataannya di kalangan pemuda di Indonesia masih banyak yang belum peduli akan kebersihan yang di hadapinya, contoh sederhana membuang sampah tidak pada tempatnya, kurangnya kepedulian terhadap lingkungan di sekiutarnya, berpura-pura tidak mengetahui tetapi pada dasarnya mereka tau.


Untuk mengurangi angka kemalasan, ketidaktahuan serta kepura-puraan mereka dalam hal kepedulian lingkungan, OSIS SMK NEGERI 1 BATANG ingin menjadikan Warga SMK Negeri 1 Batang mempunyai basic yang tidak hanya mempunyai keterampilan dalam hal keahlian mereka, namun kita juga ingin menumbuhkan rasa kepedulian Warga SMK Negeri 1 Batang terhadap makna betapa pentingnya kita menjaga kebersihan. 

Dari dasar serta alasan tersebut di atas, OSIS SMK Negeri 1 Batang, Hari Jum’at, 28 Februari 2014 kemarin, telah di laksanakan kegiatan GPS. GPS atau Gerakan Pemungutan Sampah merupakan kegiatan yang di canangkan sudah beberapa bulan lalu setelah kita berfikir-fikir untuk menjadikan lingkungan sekolah lebih nyaman dan lebih indah untuk menikmati.
Pada sistemnya, GPS akan di laksanakan setiap hari Jum’at satu bulan sekali. GPS ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar. GPS tersebut di laksanakan hanya di dalam lingkungan SMK saja, dengan system setiap kelas membawa sebuah karung besar, kemudian berkumpul di lapangan untuk di berikan sebuah pengarahan. Lokasi setiap kelas untuk memungut sampah berbeda-beda, ada yang di belakang parkiran, ada yang di depan, ada yang di lapangan, dan di sekitar lingkungan SMK Negeri 1 Batang.
Dalam kegiatan GPS ini, OSIS SMK Negeri 1 Batang menjadikan kegiatan ini sebagai perlombaan, di mana salah satu kelas mengumpulkan sampah paling banyak maka itulah yang memenangkan perlombaan ini. Pada segi positif dari kegiataan yang di jadikan perlombaan ini yaitu setiap kelas mempunyai semangat yang tinggi untuk mendapatkan hadiah, lingkungan sekolah menjadi bersih. Namun terdapat segi negatifnya yaitu mereka mengambil sampah dengan tujuan untuk mendapatkan hadiah,  bukan dari kesadaran mereka untuk peduli terhadap lingkungannya.
Kegiatan tersebut kita harapkan bisa untuk melatih diri, bagaimana akibatnya apabila pemuda di Batang khususnya dan di Indonesia pada umumnya, mempunyai wawasan yang tinggi, pintar dalam segala hal, namun lupa dengan sampah-sampah yang berserakan dan sudah menjalar di Indonesia ini.
Mari kita wujudkan lingkungan yang bersih, yang berisi pemuda yang kuat, tangguh dan tidak pantang menyerah menghadapi tantangan negerinya .. !!!!
SEMANGAT PEMUDAAA … !!!!





0 pendapat:

Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Mandiri bersama OSIS SMK Negeri 1 Batang
"Meraih Cita-Cita Yang Tak Ternilai Harganya, Melintasi Awan"

SMK Negeri 1 Batang

Mimbar Pengumuman

PENGUMUMAN


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang


Selamat Berkarya Siswa SMK Indonesia


[info kosong]


informasi :
OSIS OFFICE

SMK Negeri 1 Batang
Jl. Ki Mangunsarkoro No. 2 Batang 51211

e-mail : osis.smknesaba@gmail.com
weblog : osis-smk1btg.blogspot.com

Followers

Total Pengunjung