OSIS SMK N 1 Batang

Entri Populer

Organisasi Siswa Intra Sekolah
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang
Berkreasi dan berinovasi dengan edukasi yang berbobot guna menunjang kegiatan siswa/siswi SMK Negeri 1 Batang.
Senin, 18 Agustus 2014

MASA ORIENTASI SISWA


Pendidikan merupakan hal yang harus diperhatikan dalam era globalisasi seperti ini. Di antara era-era sebelumnya, pendidikan juga menjadi nomer 1 dalam mewujudkan pemuda yang tegas. Hal tersebut merupakan cerminan masa depan bangsa yang cerah, bukan hanya tegas tapi berakhlak mulia serta mampu mengemban amanah yang di titipkan kepada dirinya. Namun dari realita kehidupan sekarang, jarang pemuda yang bisa sepenuhnya seperti yang tertulis di atas, lalu sepertii apa? 

Pemuda yang bermalas-malasan, atau yang manja ?
tidak mempunyai ketegasan serta kedisiplinan ? atau yang bagaimana ???


 
Diri kitalah yang mampu menjawab pertanyaan itu. Bagaimana ? semua itu akan mengalir dengan sendirinya, namun juga tidak lepas dari pengawasan serta bimbingan pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Nah, dari pembahasan di atas, diantara aspek-aspek yang perlu di perhatikan dalam pendidikan yaitu suatu pembentukan karakter. 

Karakter seseorang merupakan peranan yang sangat penting dalam mewujudkan generasi emas yang sempurna. Karakter sendiri dapat terbentuk dari lingkungan sekitarnya, seperti keluarga, sekolah, dan teman bermain di luar sekolah. Naaaah, di lingkungan sekolahlah yang berpengaruh besar bagi karakter mereka.
 
Tahun pelajaran baru merupakan satu hal yang dapat berpengaruh pada masa depan pendidikan mereka, seperti lulusan. Biasanya mereka bimbang menentukan sekolah mana yang akan dia pilih. Setelah itu mereka akan menghadapi MOS dimana di tempat itulah karakter mereka akan di bentuk.

Banyak orang memandang negative tentang kegiatan MOS (Masa Orientasi Sekolah) ini. Survey membuktikan bahwa 80% mengira dan memandang bahwa kegiatan tersebut di gunakan untuk masa gojlokan yang tidak bermanfaat, mencaci, memaki, membentak hanya untuk melampiaskan amarahnya saja. Memang pandangan itu tidak sepenuhnya salah, memang pada saat kegiatan MOS tersebut panitia MOS yaitu OSIS, memang menggunakan metode yang berbeda-beda dan tidak jauh dari pembentakan serta omongan yang galak.
 
Namun apakah kalian semua tau bahwa semua itu di lakukan semata-mata untuk membentuk karakter mereka yang mulanya anak mama menjadi anak yang mandiri, bertanggung jawab disiplin mempunyai sopan santun. MOS ini tidak selamanya panitia membentak-bentak, disitulah selama 3 hari kita mengajarkan mereka tentang banyak kebaikan serta kepemimpinan mereka supaya menjadi pemuda yang giat dan mampu memimpin diri mereka sendiri serta memimpin orang lain. 
Sudah tau kan makna MOS yang sebenarnya, jadi jangan di simpulkan sebelah mata yaa…

 
Nah, SMK N 1 Batang telah merekrut siswa baru dari masing-masing jurusan yang berbeda jumlahnya. Dari keseluruhan jumlah mereka yaitu kurang lebih ada 354 siswa. Pada tanggal 15 s.d 17 Juli kemarin, OSIS SMK N 1 Batang telah mengadakan kegiatan MOS ( Masa Orientasi Siswa ) dimana kegiatan tersebut bertemakan PENA EMAS. 

 Pengenalan Awal Masa Edukasi Sekolah. Maksud tema tersebut yaitu bahwa siswa tersebut di kenalkan dengan edukasi sekolah 
yaitu dengan mengajarkan tentang kedisiplinan, kepemimpinan dsb seperti yang sudah tertulis di atas. Banyak sekali hal-hal yang di lakukan di kegiatan itu, dari mulai mereka memakai atribut yang terbuat dari kardus, mulai dari tas, slempang, topi, sabuk,yang mereka buat sendiri, dsb.

Mereka berangkat pagi jam 05.10 sudah sampai sekolah, lalu mereka berbaris di lapangan dengan komando dari panitia. Setelah itu ada pemeriksaan kerapian dsb. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari. Dan yang paling berkesan adalah kegiatan saat hari terakhir, yaitu penutupan dimana panitia OSIS juga ikut serta menampilkan bakat yang terpendamnya …




Semoga kegiatan ini dapat mengenang kalian semua adik-adik, dan ambillah sisi positifnya. Buang jauh-jauh perbuatan kami yang kurang berkenan di hati kalian semua…. See you ...






























0 pendapat:

Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Mandiri bersama OSIS SMK Negeri 1 Batang
"Meraih Cita-Cita Yang Tak Ternilai Harganya, Melintasi Awan"

SMK Negeri 1 Batang

Mimbar Pengumuman

PENGUMUMAN


ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
(OSIS)
SMK Negeri 1 Batang


Selamat Berkarya Siswa SMK Indonesia


[info kosong]


informasi :
OSIS OFFICE

SMK Negeri 1 Batang
Jl. Ki Mangunsarkoro No. 2 Batang 51211

e-mail : osis.smknesaba@gmail.com
weblog : osis-smk1btg.blogspot.com

Followers

Total Pengunjung